2 Cara Sederhana Membantu Klien Mencapai Berat Badan Ideal

Kebanyakan klien weight loss yang datang ke klinik kami untuk terapi mencapai berat badan ideal baik menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan pasti perlu merubah diet mereka demi mencapai tujuan yang mereka inginkan dan juga disarankan untuk berolahraga. Yang menjadi tantangan bagi para terapis adalah bahwa hal ini tidaklah mudah dan klien akan menghadapi banyak godaan di sepanjang perjalanan mereka.

Seorang psikolog bernama Susan Albers mengatakan bahwa kita sebagai terapis dapat mengubah semantik (kata-kata) yang kita gunakan untuk membantu mereka lebih lanjut. Komentar ini khususnya cocok untuk para hipnoterapis yang senjata utamanya adalah kata-kata. Setiap kata yang kita ucapkan dapat menciptakan representasi di otak orang tersebut. Kata seperti “anda perlu membatasi makan” dibandingkan kata seperti “anda dapat makan lebih sehat dengan mudah” dapat menjadi perbedaan yang cukup signifikan dalam diri klien.

Berikut adalah contoh dua cara sederhana yang dapat diterapkan untuk membantu klien kita lebih lanjut:

1. Penelitian mengatakan bahwa diperlukan 66 hari untuk membentuk kebiasaan baru dan diperlukan 2 tahun atau lebih untuk menghentikan kebiasaan yang tertanam dalam. Untuk itu lebih bagi kita untuk mengatakan “mari makan buah seperti jeruk atau pir lebih banyak untuk memenuhi keinginan makan manis” daripada mengatakan “Anda perlu membatasi konsumsi gula”.

2. Setiap terapis yang terlatih pasti tahu bahwa kita perlu membentuk positive mental attitude dalam diri klien sehingga mereka yakin mereka dapat mendapatkan tubuh yang mereka inginkan. Untuk melakukan itu kita dapat membuat mereka mencari alasan mereka ingin mencapai berat badan ideal mereka. Misalnya dengan menanyakan 10 alasan mereka ingin mencapai berat badan ideal. 10 mungkin terkesan banyak bagi klien, terkadang mereka akan kesulitan untuk mencarinya, namun angka 10 ini justru akan memaksa klien untuk mencari ke dalam diri mereka alasan sebenarnya mereka ingin mencapai berat badan ideal mereka. Kita dapat menggunakan 10 alasan ini sebagai bagian dari direct suggestion yang akan kita berikan kepada mereka dalam sesi hipnoterapi nantinya. 10 alasan tersebut itu bisa saja “agar dapat mengenakan baju yang bagus”, “agar dapat tampil percaya diri” dan sebagainya.

Selain dua cara itu terdapat banyak lagi cara-cara yang dapat membuat terapi kita menjadi semakin efektif. Salah satu hal terpenting yang terpenting yang perlu kita jaga adalah semantik kita khususnya saat pre-induction dan saat memberikan sugesti. Dalam terapi weight loss saya selalu memberikan PR bagi klien untuk dapat membuat hasil terapi menjadi lebih kuat, dengan mengajarkan teknik self-hypnosis untuk memperkuat sugesti dan teknik lainnya untuk mengurangi craving saat ngiler ingin makan sesuatu.

Windalfin MBA, CH, CFP

Consultant

No comments yet.

Leave a Reply