Apa itu hipnosis?

Mari kita lihat-lihat apa sih sebenarnya hypnosis atau hipnosis itu? eiit tunggu kayaknya biasanya saya dengernya hipnotis… apa bedanya sama hipnosis? Sebelum menjawab apa itu hipnosis maka saya jelaskan dulu perbedaan yang satu ini. Sebenarnya sangat sederhana bila hipnosis itu diibaratkan sebuah piano, maka hipnotis itu adalah pianisnya. Artinya hipnotis itu orang yang melakukan kegiatan hipnosis.

Nah sekarang apa sih hipnosis itu? Kalau kita melihat ke buku-buku, datang ke pelatihan-pelatihan hypnosis atau membaca di internet, kita akan menemukan jawaban yang berbeda-beda saya ingat saat saya pertama kali belajar hypnosis, definisi yang saya dapatkan dan masih saya gunakan sampai sekarang ini adalah definisi dari Dave Elman.

Hypnosis is a state of mind in which the critical faculty of the human mind is bypassed, and selective thinking established. (Hypnotherapy, p.26)

Hypnosis adalah suatu kondisi pikiran dimana faktor kritis pikiran manusia ditembus dan pemikiran yang dipilih menjadi kenyataan dalam pikiran.

Faktor kritis pikiran manusia adalah bagian dari pikiran yang menentukan apa yang akan masuk ke pikiran bawah sadar, faktor kritis ini bisa diibaratkan seperti filter atau saringan yang ada dalam pikiran kita yang berfungsi menyaring info yang masuk ke dalam pikiran kita. Faktor kritis ini juga merupakan bagian dari pikiran yang membantu kita membedakan panas dan dingin, manis dan asam, gelap dan terang. dan jika pikiran dapat dibuat tidak lagi membedakan antara panas dingin, manis asam, gelap terang, saat itu pemikiran yang baru dan ingin diterima dapat menjadi kenyataan dalam pikiran.

Hypnosis merupakan kondisi alami dari otak, dan yang dimaksud dengan kondisi alami artinya kita mengalaminya hampir setiap hari dan dengan frekuensi yang cukup sering. Pernahkah anda saat sedang fokus mengerjakan sesuatu atau menonton sesuatu, anda tidak mendengar ada orang yang sedang memanggil-manggil anda. tiba-tiba saja orang itu datang ke tempat anda dan ngomel-ngomel “oi dari tadi dipanggilin gak denger…” ?

Atau pernahkah anda mencari-cari barang anda, anda sudah mencari-cari dikantong, di meja makan, di laci, di kamar. tapi anda tidak bisa menemukannya. setelah anda selesai mencari dan tidak menemukannya anda pun bertanya pada orang rumah, dan jawabannya adalah “lah ini ada diatas meja” tiba-tiba seakan-akan bisa sulap orang rumah anda mengeluarkan kunci dari atas meja.

Yap betul sekali, yang diatas semua adalah kondisi hipnosis yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. dan banyak lagi jika mau dijabarkan. Salah satu fakta menarik bahwa hypnosis adalah sebuah kondisi yang natural. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya tidak ada orang yang tidak bisa di hipnosis. dan artinya juga tidak ada sebenarnya yang namanya orang yang susah di hipnosis dan orang yang gampang di hipnosis. Bahkan orang-orang yang merasa dirinya sulit di hipnosis bisa dengan mudah memasuki kedalaman hipnosis yang dalam saat berkonsultasi dengan hipnotis yang terlatih dengan benar.

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan dalam definisi di atas adalah tidak adanya sebuah kata yang sering terlihat dan terdengar di media massa. dan kata itu adalah kata “TIDUR” dan kata “RELAX”. Kebanyakan orang mengira bahwa hypnosis itu identik dengan tidur, pandangan itu sayangnya tidak benar, karena jika hypnosis itu sama dengan tidur lalu bagaimana caranya si klien dapat mendengarkan kita. Kata kedua adalah kata Relax, Hypnosis tidak harus relax, sering sekali kesalahan orang mengira progressive relaxation (relaksasi progresif) adalah hypnosis. salah! hypnosis berbeda dengan relaksasi, kita tidak perlu relaks untuk merasakan hypnosis.

Untuk itu kita dapat menyimpulkan bahwa hypnosis adalah sebuah kondisi natural yang sering terjadi. Tidak ada yang namanya subjek yang jelek atau subjek yang bagus kecuali kalau anda mengalami gangguan mental misalnya Autism atau sedang mengkomsumsi obat2an tertentu. Hypnosis berbeda dengan tidur, dalam hypnosis orang hanya merasakan kualitas relaksasi yang sangat baik.

Windalfin

Consultant Hypnotist

,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Berhenti merokok dengan bantuan hipnotis? | INDOMIND CONSULTING - July 14, 2013

    […] merokok dengan hipnosis. Bila anda masih penasaran apa sebenarnya hipnosis/hipnotis anda bisa klik di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang […]

  2. Berhenti merokok dengan hipnotis? | Artikel dan Opini Simpang Siur - July 14, 2013

    […] merokok dengan hipnosis. Bila anda masih penasaran apa sebenarnya hipnosis/hipnotis anda bisa klik di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang […]

Leave a Reply