Apa yang Terjadi di Dalam Pikiran Bawah Sadar?

raglan01Pikiran bawah sadar bisa diumpamakan sebagai sebuah istana yang mengatur satu negara. Pada dasarnya di dalam istana ini ada satu raja dan juga empat menteri yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Raja adalah diri kita yang bisa melakukan apapun dan juga menolak perubahan apapun. Keempat menteri itu adalah menteri pendidikan, menteri emosi, menteri dalam negeri, dan juga menteri pertahanan.

Menteri pendidikan ini sangatlah pintar, ia bisa mengingat semua hal yang pernah terjadi pada raja dengan akurat. Apa yang pernah dilihat, dirasakan, disentuh oleh raja semua diketahuinya dan diingat. Semua yang kita pernah lakukan dari lahir semuanya ada di dalam sini dan bisa dipanggil dalam keadaan hipnosis. Bahkan, dalam suatu kasus hipnoterapi, seseorang bisa mengingat kejadian ketika ia masih berumur tiga bulan di dalam kandungan.

Menteri emosi, seperti namanya, mengontrol emosi yang ada di dalam diri. Semua perasaan senang sedih, marah, dan lain-lain dikontrol oleh satu menteri ini. Menteri ini sangatlah kuat dan seringkali tidak masuk akal. Maka dari itu ketika kita sedang emosi marah atau bahkan senang, kita suka melakukan hal-hal yang biasa tidak kita lakukan dan bisa disesali kemudian.

Menteri dalam negeri mengatur kebiasaan. Kebiasan baik atau pun buruk diatur oleh menteri ini. Kebiasaan seperti merokok atau makan ketika stress, tidur lagi setelah alarm berbunyi, atau bahkan menjadi selalu tepat waktu diatur oleh menteri ini. Bukan hanya kebiasaan yang baik atau buruk saja diatur oleh meteri ini, akan tetapi juga kebiasaan yang netral seperti mengangkat telepon ketika berbunyi, membuka pintu ketika ada orang yang mengetuk pintu, dan lain-lain.

Menteri terakhir adalah menteri pertahanan. Menteri ini bertugas untuk melakukan segala hal yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup, seperti merasa takut ketika berada di ketinggian, jijik ketika melihat makanan basi, dan lain-lain. Terkadang tentunya menteri ini suka berlebihan dan memberikan ketakutan yang berlebihan yang sebenarnya tidak dibutuhkan, yang sering disebut sebagai fobia.

Masih ada satu fungsi lagi yang belum disebutkan, yaitu penjaga pintu istana. Ketika ada seseorang yang ingin masuk ke dalam istana , ada penjaga istana yang memutuskan apa orang ini boleh masuk atau tidak. Orang yang ingin masuk ini diumpamakan sebagai sugesti atau saran orang lain. Penjaga istana biasanya hanya memberikan izin masuk orang-orang yang mempunyai saran yang pasti disukai oleh raja. Maka dari itu sulit sekali berhenti merokok hanya karena orang lain meminta orang lain untuk berhenti. Sang penjaga istana akan berpikir, “Jika raja suka dengan rokok, kenapa saya harus membiarkan orang itu masuk?”

Semua menteri ini bekerja sama untuk membuat raja menjadi senang karena, pada akhirnya, raja yang memutuskan segalanya ketika di luar atau dalam hipnoterapi. Hipnoterapis adalah pengirim pesan yang ingin berbicara dan meminta raja untuk mengubah beberapa hal di dalam negara. Akan tetapi pada akhirnya raja sendiri yang memutuskan ingin melakukan perubahan itu atau tidak. Jika terapi ini memberikan efek yang tidak diinginkan atau bahkan buruk, raja menolaknya dengan mudah. Maka dari itu kami selalu memastikan apa benar klien ingin berubah, dan bukan hanya perintah orang lain.

, ,

No comments yet.

Leave a Reply