Bagaimana Memaksa Orang untuk Berubah dengan Hipnosis?

BrainDalam hipnosis, semua hal bisa dilakukan, bahkan sampai memaksa orang untuk berubah dan juga membuat mereka melakukan semua hal yang saya inginkan. Benarkah hal ini? Sebagai seorang hipnoterapis yang sudah mempelajari hipnosis di dalam dan luar negeri, saya bisa dengan yakin mengatakan kalau hal ini tidak bisa dilakukan. Bahkan ketika seseorang sudah masuk level hipnosis yang dalam pun mereka tetap bisa menolak semua sugesti yang diberikan kepada mereka.

Sebelum sesi terapi, seorang terapis bisa menjadi sangat meyakinkan dan baik pada saat menjelaskan apa itu hipnosis dan juga apa yang bisa dilakukan dengan hipnosis akan tetapi pada akhirnya, yang memutuskan apa mereka mau berubah pada akhirnya adalah orang itu sendiri. Klien bahkan bisa sudah duduk di atas kursi terapi dan tetap memutuskan untuk tidak mau berubah dan kami sebagai hipnoterapis tidak bisa melakukan tugas kami.

Saya ingat ada satu klien yang melakukan hal ini. Klien ini, kita sebut saja Bob, datang untuk mengatasi masalahnya dengan hipnoterapi. Bob mempunyai masalah merokok dan mengatakan ingin berhenti merokok. Bob terlihat sangat nyaman ketika duduk di kursi terapi dan terdengat sangat yakin ingin berubah. Ketika sugesti diberikan, ada tanda-tanda yang tidak biasa terlihat di wajah Bob. Tanda-tanda wajah ini tidak biasa terlihat ketika diberikan sugesti. Tanda-tanda yang terlihat ini adalah tanda-tanda orang yang keluar dari trance. Anehnya lagi, hal ini terlihat hanya ketika Bob diberikan sugesti untuk berhenti merokok dan sugesti lainnya, seperti untuk relaksasi, bisa dilakukan dengan murah. Setelah menyuruh Bob untuk membuka mata dan ditanya lebih lanjut, ternyata Bob datang untuk hipnoterapi karena diminta oleh istrinya yang baru saja hamil. Maka itulah hipnoterapi yang seharusnya dilakukan kepada Bob menjadi tidak bisa dilakukan.

Secara sekilas, bisa saja ini dikatakan sebagai salah hipnoterapis. Akan tetapi, seperti yang sudah dijelaskan di dalam artikel Indomind ini, yang paling terakhir memutuskan untuk berubah adalah “sang raja” yang merupakan inti diri. Hipnosis hanyalah mengantarkan pesan dan menunjukkan jalan, tetapi diri Anda sendiri yang harus menjalani jalan itu.

Sebagai tambahan, cerita Bob tidak selesai hanya sampai di sana. Bob datang lagi beberapa bulan kemudian dan ingin menyelesaikan masalah yang sama. Kali ini, terapi Bob berjalan sangat lancar dan ia sudah tidak merokok lagi.

No comments yet.

Leave a Reply