bahaya hipnotis

3595279955_c529772b2a_oHampir setiap kali saya mengatakan bahwa saya adalah seorang hipnotis mereka langsung bertanya belajarnya bagaimana? bahaya hipnotis apa saja dan banyak lagi. Setiap orang yang sudah belajar hipnosis dan hipnoterapi tentu tahu bahwa untuk mempelajari teknik ini hingga dapat digunakan untuk membantu orang dengan efektif, efisien dan aman diperlukan pelatihan dan praktek yang cukup banyak.

Betul sekali anda tidak salah baca, diperlukan pelatihan. Meskipun anda mungkin banyak mendengar tentang bagaimana seseorang berhasil belajar hipnosis secara otodidak dan mampu memberikan terapi kepada banyak orang dan berhasil. Saya tidak menyarankan hal itu sama sekali. Pasalnya tidak semua yang belajar hipnosis secara otodidak mampu memberikan terapi, bahkan pertunjukan panggung yang aman. Bukan berarti mereka yang belajar dari pelatihan pasti melakukannya dengan benar, tentunya kita juga harus memilih pelatihan yang dapat memberitahukan bahaya dari hypnosis asal-asalan tanpa SOP yang jelas.

Beberapa contoh bahaya dari hipnosis asal-asalan antara lain, kecelakaan fisik karena tidak memperhitungkan kondisi fisik klien, misintepretasi dari sugesti yang menyebabkan pikiran bawah sadar subyek anda terganggu, lupa menetralisir sugesti yang diberikan saat melakukan tindakan hipnosis sehingga bisa saja sugesti tersebut ‘on’ lagi di saat yang berbahaya misalnya saat menyetir atau lainnya dan masih banyak lagi sampai yang bisa berakibat luka batin yang tidak diinginkan.

Selain bahaya yang berhubungan dengan proses yang tidak sesuai SOP ada juga bahaya yang berhubungan dengan memberikan terapi yang tidak seharusnya diberikan. Banyak pelajar hipnosis yang setelah mempelajari hipnosis melalui pelatihan ataupun otodidak, bahkan beberapa dari mereka sudah belajar selama 100 jam dari lembaga internasional NGH merasa bahwa segala penyakit dapat disembuhkan dengan hipnoterapi padahal kenyataannya tidak demikian.

Seorang hipnoterapis yang memberikan terapi yang kurang tepat kepada klien yang mengalami depresi berat atau clinical depression bisa saja membuat orang tersebut makin depresi, seorang hipnoterapis tidak boleh memberikan terapi untuk orang yang memiliki penyakit fisik kecuali sudah diizinkan dokter dan kebanyakan terapi ini bersifat komplementer atau bersifat membantu proses penyembuhan bukan menyembuhkan. Seorang hipnoterapis disarankan tidak mengambil semua kasus yang disodorkan padanya bila ia tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengatasi kasus tersebut. dan masih banyak lagi yang sebenarnya sudah tercantum dalam kode etik hipnoterapis.

Tentunya selain dari pelanggaran kode etik hipnoterapi dan hipnosis, sebenarnya hipnosis merupakan sebuah prosedur terapi yang sangat aman selama dilakukan dengan benar. Begitu juga pertunjukan panggung yang dilakukan dengan benar juga sangatlah aman. Tingkat keberhasilan hipnosis dalam terapi juga sangatlah tinggi mencapai 90% dalam 6 sesi. Dan untuk menikmati tingkat keberhasilan yang tinggi itu anda tentu harus berhati-hati dalam mencari terapis yang handal.

Seperti Indomind, beberapa hipnoterapis memberikan kesempatan untuk bertanya atau konsultasi gratis dengan hipnoterapis mereka melalui telepon, temu-muka ataupun email. Untuk Indomind anda dapat menghubungi saya langsung dengan meng add pin BB yang ada di halaman muka website ini. Dari konsultasi pertama tersebut maka anda dapat menilai sendiri apakah hipnoterapis yang anda wawancarai itu pantas atau tidak untuk membantu anda keluar dari tantangan anda.

 

Windalfin, IMBA, CH, CFP

Consultant

No comments yet.

Leave a Reply