Coba Hipnosis Kok Gagal?

hipnosis gagal

Apa yang paling ditakuti oleh mereka yang baru belajar hipnosis dan turun gunung untuk praktik adalah bagaimana bila saya gagal, bagaimana bila saya mengatakan “tidur” dan orangnya tidak menutup matanya, dan lainnya. Hal ini terjadi khususnya bagi mereka yang dipaksa temannya untuk melakukan hipnosis kepada mereka.

Terdapat beberapa alasan seseorang gagal melakukan induksi namun alasan yang paling sering adalah karena kurangnya pre-induksi. Banyak ahli yang mengatakan bahwa pre-induksi adalah yang terpenting dalam suatu proses hipnoterapi, beberapa bahkan menyatakan bahwa terapi sebenarnya sudah 90% selesai bila pre-induksi dilakukan dengan baik.

fearSalah satu fungsi pre-induksi dalam proses hipnosis secara keseluruhan adalah untuk menghilangkan satu hal yang membuat seseorang tak dapat masuk ke keadaan hipnosis dengan mudah. Dan satu hal inilah yang seharusnya menjadi fokus dari mereka yang ingin melakukan hipnosis kepada teman-temannya. Hal yang harus dihilangkan dalam proses pre-induksi tersebut adalah Ketakutan.

Paradikma mengenai hipnosis sebagai kuasa setan atau sebagainya belum sepenuhnya terhapus dari benak masyarakat, terlebih lagi dengan banyaknya acara televisi yang menjual hipnosis sebagai ilmu gaib yang dimana penguasanya dapat mengendalikan orang hanya dengan jentikan jari atau pembakaran kertas kilat yang dapat dibeli di toko sulap. Lebih lagi beberapa hipnotis membuat dirinya seakan-akan mampu membuat seseorang berkata jujur diluar kemauannya.

Semua informasi yang klien atau subyek anda dapatkan dari televisi, koran, berita, omongan-omongan dan lainnya masuk ke dalam pikiran bawah sadar mereka dan menciptakan kepercayaan bahwa hipnosis itu berbahaya dan ia tak boleh membiarkan dirinya masuk ke dalam hipnosis. Terlebih lagi kalau dia adalah teman anda yang takut anda jahili dengan ilmu baru anda.

Bagaimana cara menghilangkan ketakutan akan hipnosis?

Mereka yang telah mengikuti pelatihan hipnosis tentu tahu bahwa seorang hipnotis tak bisa memaksakan kehendaknya ke orang lain, terdapat fungsi bawah sadar yang mencegah hal itu, sayangnya klien anda tak tahu tentang itu dan tugas kita adalah memberitahu tentang hal tersebut kepada mereka dan dengan itu menghilangkan ketakutan dari pikiran mereka.

Hilangnya ketakutan tersebut akan membuat mereka mampu masuk ke dalam keadaan yang sangat menyenangkan bernama hipnosis. Beberapa cara untuk menghilangkan ketakutan tersebut adalah dengan mengasosiasikan hipnosis dengan kejadian sehari-hari mereka, misalnya bagaimana saat mereka nonton TV, membaca buku, mengendarai mobil, semua itu adalah keadaan hipnosis. Anda juga dapat menjelaskan bahwa saat seorang hipnotis memberikan sugesti, ia dapat menolak sugestinya bila ia tak menyukai sugesti tersebut.

Satu hal yang paling penting dalam seluruh proses pre-induksi adalah Rapport (hubungan saling percaya). Rapport adalah salah satu hal yang paling berguna dalam menghilangkan ketakutan mereka terhadap hipnosis. Yang dimaksud dengan rapport di sini adalah hubungan saling percaya antara hipnotis dan subyeknya. Inti dari penciptaan rappor adalah membuat orang nyaman dengan kita, caranya bisa bermacam-macam mulai dari menjelaskan secara lengkap apa itu hipnosis dan bagaimana ia bekerja, dengan mengenakan pakaian rapi, dan lainnya lagi. NLP memiliki banyak istilah untuk teknik pembentukan rappor, seperti pacing-leading, mirroring, dan lainnya. Dan cara termudah untuk menciptakan rasa percaya dan rasa ketertarikan orang kepada diri kita adalah dengan lebih dulu tertarik dengan diri mereka.

Jadi kalau kita bertanya lagi bagaimana caranya agar kita jarang gagal dalam melakukan induksi, jawabannya adalah dengan menghilangkan ketakutan dari diri calon subyek anda. Lalu yang perlu anda lakukan tinggal meningkatkan ekspektasi dan imajinasi dari orang tersebut dan boom!! setelah itu induksi apapun yang anda lakukan, kemungkinan berhasilnya akan sangat tinggi.

Windalfin, MBA, CH, CFP

Consultant

 

No comments yet.

Leave a Reply