Hipnosis hanya untuk Orang Lemah

hypnotist-29832_640Tidak lama ini ada seorang klien yang menanyakan apa klien saya lebih banyak laki-laki atau perempuan. Pertanyaan ini menarik karena saya belum pernah memikirkan hal ini sebelumnya. Pada saat itu saya menebak bahwa klien yang saya tangani kurang lebih sama jumlahnya antara laki-laki dan perempuan. Ternyata setelah saya selidiki lagi, jumlah perempuan lebih banyak sedikit saja (55%). Akan tetapi karena ia menanyakan pertanyaan ini dengan sangat serius, saya kembali bertanya apa alasan ia menanyakan pertanyaan ini. Ia pun menjawab bahwa ia berpikir kalau laki-laki lebih mau mandiri dan hipnosis hanya untuk orang lemah. Mereka ingin melakukan semuanya tanpa bantuan orang lain, terutama seorang hipnoterapis.
Hal ini membuat saya menjelaskan suatu hal sering  dijelaskan ketika seorang klien baru memasuki ruang terapi. Saya mengatakan bahwa sebenarnya yang dinamakan hipnoterapi itu bukanlah sesuatu yang mistis. Hipnoterapi bukanlah suatu hal ajaib yang membuat sang klien mengikuti semua kemauan sang terapis. Saya menganggap hipnoterapis sebagai seseorang yang menuntun klien untuk menuju jalan yang benar. Jalan yang bisa membuat klien itu berubah ke arah yang lebih baik. Ke arah yang ia inginkan.
Akan tetapi saya jadi teringat perkataan seorang hipnoterapis terkenal dari Amerika yang mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada pekerjaan yang namanya hipnotis atau hipnoterapis. Seseorang yang menganggap dirinys sebagai seorang hipnoterapis sebenarnya tidak bisa apa-apa. Seorang hipnoterapis tidak mempunyai kontrol akan apapun. Seorang hipnoterapis tidak bisa menyelesaikan masalah klien. Seorang hipnoterapis tidak bisa membuat orang lain berubah. Hipnoterapis sebenarnya hanyalah seseorang yang bisa berbicara saja. Yang melakukan semuanya, yang melakukan perubahan, yang memutuskan untuk berubah atau tidak, yang mempunyai kekuatan paling kuat dalam diri klien adalah klien sendiri. Ia mengatakan bahwa tidak ada yang namanya ahli hipnotis atau hipnoterapis. Semua hipnosis yang dilakukan adalah hipnosis pada diri sendiri. Jika Anda melihat video ini, dijelaskan juga bahwa seorang hipnoterapis hanyalah seorang pengirim pesan yang mencoba mengubah sebuah kerajaan. Akan tetapi yang ada di dalam kerajaan itu adalah diri sediri. Yang menjadi raja di tempat itu adalah diri sendiri dan bukan orang lain. Hanya raja yang berhak dan bisa mengubah peraturan yang ada di dalam istana kepada seluruh negara.

Sayangnya banyak sekali orang yang tidak mengetahui hal ini. Banyak sekali orang yang tidak tahu bahwa hipnosis bukanlah cara mudah untuk menyelesaikan masalah, melainkan hanyalah salah satu dari banyak cara yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah. Jadi jika Anda adalah seseorang yang berpikir bahwa hipnosis adalah jalan singkat untuk menyelesaikan masalah, Anda salah. Hipnosis adalah cara untuk bisa membantu Anda menyelesaikan masalah Anda sendiri. Tidak ada orang lain yang membantu Anda menyelesaikan masalah.

No comments yet.

Leave a Reply