Makan Sayur Sehat?

sayur-sayuranBeberapa lama yang lalu ketika sedang makan dengan keluarga besar, saya diminta untuk memberikan tips kepada beberapa anggota keluarga untuk menurunkan berat badan. Hal pertama yang saya katakan adalah hal yang sering saya katakan kepada banyak orang yang meminta saran kepada saya: Makan lebih banyak sayur. Hal yang selanjutnya saya dengar adalah suatu hal yang mengejutkan. Keluarga saya mengatakan, “Tapi kan makan sayur itu nggak sehat.”

Pernyataan ini sangat mengejutkan karena dari kecil sampai sekarang, setelah bertemu dengan ribuan orang, mendengar dan mengutarakan ratusan juta kalimat, saya baru pernah pertama kali mendengar kalimat ini. Bukan hanya itu, ia pun melanjutkan, “Nanti kalo uda tua bisa sakit-sakitan. Sekarang sih masih muda enak bisa makan sayur terus.” Mereka lalu melanjutkan tentang bahayanya makan sayur dan bagaimana ada seorang teman mereka yang berhenti makan sayur karena sudah tua. Sangat menarik bisa melihat sudut pandang yang berbeda tentang hal ini.

Manfaat Sayur

Dengan memperbanyak makan sayur ketika sedang ingin menurunkan berat badan, kita memberikan banyak sekali vitamin yang penting untuk tubuh sekaligus mengurangi kalori yang masuk di dalam tubuh kita. Berikut beberapa keuntungan kesehatan yang bisa didapatkan dari sayur menurut Departemen Agrikultur Amerika Serikat (USDA):

  1. Memakan sayur dan buah sebagai bagian dari diet yang sehat bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.
  2. Memakan sayur dan buah sebagai bagian dari diet yang sehat bisa mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker.
  3. Memakan sayur yang mengandung banyak serat bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, berlebihan berat badan, dan juga diabetes
  4. Memakan sayur dan buah yang kaya akan pottasium sebagai bagian dari diet yang sehat bisa mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal, menurunkan tekanan darah, dan juga mengurangi melemahnya tulang
  5. Memakan sayur dengan kalori yang rendah bisa mengurangi jumlah kalori yang dimakan, yang bisa membantu diet.

Bahaya Sayur

Tentu sayur juga bukan tanpa bahaya. Ada juga beberapa kondisi medis yang mengubah cara Anda mengolah dan menyerap makanan yang bisa menyebabkan beberapa komplikasi ketika kita memakan sayur. Jadi ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan sakit di daerah perut ketika banyak serat yang dikonsumsi. Di bawah ini dituliskan beberapa kondisi di mana mungkin Anda mau menghindari sayur, contohnya:

  1. Jika Anda mempunyai hipertensi, hindarilah makan sayur dari dalam kaleng karena banyaknya sodium yang ada di sana.
  2. Setelah operasi gastroinstestinal atau operasi yang berhubungan dengan perut atau usus, biasanya dokter juga meminta Anda untuk mengonsumsi makanan dengan konten serat sedikit supaya usus dan perut tidak bekerja keras.
  3. Orang-orang yang mempunyai masalah dengan ginjal juga sebaiknya mengurangi konsumsi potassium. Hal ini dikarenakan ginjal tidak bisa memproses elemen-elemen ini dari darah.

Jadi bisa dilihat dari alasan-alasan di atas kalau sayur juga bisa membahayakan jika Anda mempunyai kondisi medis sebelumnya. Jadi makan sayur Anda dan nikmati diet yang sehat dengan serat dan vitamin yang banyak tanpa rasa bersalah dari banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

 

No comments yet.

Leave a Reply