Membuang Pikiran Negatif

Tidak beberapa lama yang lalu saya bertemu dengan seorang klien yang ingin “membuang pikiran negatif” dari pikiran. Sebenarnya hal ini sering saya temui di mana-mana. Banyak sekali orang yang menginginkan perubahan yang spesifik seperti membuang pikiran negatif atau bahkan hanya menjadi lebih baik saja. Tentunya, seperti banyak hal lainnya, ada banyak jalan untuk mencapai hal ini, salah satunya yang ada di artikel Membentuk Sikap Mental Positif. Kali ini, saya akan memberitahu Anda teknik yang dinamakan dengan Swish Technique. Ini adalah salah satu cara NLP (neuro Linguistic Pr5ogramming) untuk mencapai diri yang Anda inginkan. Berikut adalah cara untuk menghilangkan pikiran negatif dari pikiran Anda.

Pada dasarnya, Swish Technique berguna untuk menghilangkan satu gambaran dari diri Anda dan menggantinya dengan gambaran lain yang Anda inginkan. Pada contoh ini saya akan memberikan langkah demi langkah cara untuk mengubah pikiran negatif menjadi lebih positif.

1. Pikirkan bagaimana perasaan Anda sebelumnya

Langkah pertama adalah untuk mencari bagaimana perasaan Anda pada kejadian yang paling Anda ingat dan ingin Anda ubah. Setelah menemukan satu kejadian, bayangkanlah di pikiran Anda.

2. Pilih gambaran pengganti

Setelah menemukan perasaan Anda sebelumnya, pikirkanlah bagaimana Anda mau bertindak untuk selanjutnya. Tanyakan pada diri Anda sendiri, “seperti apa perasaan yang ingin saya rasakan?”

3. Letakkan gambaran pengganti di pojok “layar” Anda

Sekarang bayangkanlah Anda seperti sedang menonton TV dan letakkan perasaan Anda sebelumnya di tengah layar dan gambaran perasaan pengganti Anda di pojok layar. Pilihlah satu pojok yang paling Anda sukai.

4. Ubah gambar lama menjadi gambar baru

Bayangkanlah gambar baru yang berada di pojok layar Anda itu membesar dan menggantikan gambaran yang lama. Biarkanlah gambaran yang lama menghilang begitu saja.

5. Kosongkan pikiran

Setelah selesai melakukan nomor 4, kosongkanlah pikiran Anda. Anda bisa melakukan hal ini dengan berbagai cara, salah satu cara yang suka dilakukan orang adalah membayangkan warna kesukaan mereka atau berkonsentrasi pada nafas.

6. Ulangi

Ulangilah nomor 4 sampai Anda bisa mengubah gambar tesebut dengan mudah dan cepat. Jika Anda sudah bisa melakukannya dalam waktu 1 detik atau kurang, lakukanlah 5 kali lagi sampai Anda susah membayangkan gambaran yang tidak Anda inginkan.

Semoga teknik ini dapat berguna bagi Anda.

Disclaimer: Artikel ini hanya digunakan untuk informasi saja dan jangan digunakan sebagai diagnosis atau pengobatan kondisi medis. Ini merupakan teknik hipnosis, jangan lakukan hal ini saat mengemudi atau melakukan aktivitas yang memerlukan perhatian Anda.

No comments yet.

Leave a Reply