Mencapai Berat Badan Ideal 1

mencapai berat badan ideal

Semua orang ingin terlihat fit, bertubuh seperti para artis di layar kaca. Hal ini menjadikan diet sebagai topik yang sangat populer bagi tiap kalangan. Orang yang kelebihan berat badan berdiet untuk mencapai berat badan ideal, mereka yang sudah mencapai berat badan ideal juga berdiet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Hypnosis atau hipnosis merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara permanen.

Bila anda seorang terapis tentunya anda perlu berhati-hati tentang permintaan client, apapun permintaan itu. Sebagai contohnya dalam hal berat badan, kita setidaknya perlu mempelajari sedikit tentang kesehatan. Bisa saja seorang klien yang sudah berada pada berat badan ideal menurut BMI (Body Mass Index) datang kepada kita dan minta bantuan untuk menjadi lebih kurus lagi melebihi batas yang direkomendasikan. Selain itu perlu diketahui juga tentang cara-cara menurunkan berat badan yang sehat.

Untuk hal itu artikel ini akan terdiri dari beberapa part yang ditulis saat sempat. Sebelum kita mulai, perlu diperhatikan bahwa saya sama sekali bukan seorang ahli nutrisi ataupun dokter ataupun seseorang yang memiliki lisensi yang berhubungan dengan kesehatan. Semua yang ditulis disini adalah apa yang saya secara pribadi praktekkan dan ilmu-ilmu yang didapatkan dari buku-buku, ngobrol-ngobrol dengan pakar kesehatan, seminar-seminar dan banyak lagi.

Sebelum kita masuk ke bagian yang lebih teknikal mari kita masuk ke hal paling penting mengenai pencapaian berat badan ideal yaitu pikiran. Kita mungkin sering mendengar tentang bagaimana seseorang ingin diet dan berkata “Oke!, mulai besok saya berusaha mulai berdiet!!” dan akhirnya pada akhir bulan berat badannya malah bertambah beberapa kilo.

Kesalahan dari setiap orang adalah berpikir bahwa alasan seseorang menjadi gemuk hanyalah karena kebiasaan makan dia, atau karena dia malas dan kurang berolahraga. Sayangnya hal tersebut salah. Penyebab kegemukan bukan hanya pada pola makan, melainkan terdapat alasan lain yang berhubungan dengan pikiran kita atau emosi kita.

Beberapa dari kalian mungkin familiar dengan kata “emotional eating”. yaitu sebuah keadaan dimana seseorang makan bukan karena ia lapar dan butuh makan, melainkan karena hal lainnya. Kadang-kadang emotional eating ini dapat disadari, kadang-kadang tidak. Pada dasarnya perasaan merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah dengan keadaan sekarang dan kita perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi keadaan tersebut. Anda bisa membaca artikel mengenai mengenal perasaan anda di sini.

Emotional eating adalah sebuah usaha yang dilakukan seseorang sebagai reaksi dari perasaan yang ia rasakan. Misalkan saja seseorang sedang bersedih, ia tidak tahu bagaimana mengatasi kesedihannya. Bahkan dalam beberapa kasus dia tidak tahu sama sekali asalan sebenarnya dia sedih. Dalam keadaan sedih inipun ia mencari sebuah tindakan yang dapat mengatasi kesedihannya. Dia pun secara bawah sadar ingat bahwa saat kecil, saat ia menangis ibunya akan datang dan memberikan susu kepadanya dan ini membuat dia menjadi nyaman.

Mengingat hal tersebut orang pun akhirnya memilih makan sebagai pelarian dari perasaan sedih tersebut. Tindakan ini merupakan salah satu penyebab kegemukan yang sangat sering dijumpai. Hal ini akan menjadi lebih mudah bila kita secara pribadi sadar akan perasaan sedih tersebut dan tahu apa alasan perasaan sedih tersebut.

Dalam beberapa kasus bisa saja kita telah mengabaikan sinyal dari pikiran kita. Kita mungkin mengalami sebuah kejadian yang membuat kita merasakan perasaan yang kurang menyenangkan di masa lalu. Kita berusaha mengatasi hal tersebut dengan mengabaikan perasaan sedih tersebut. Akhirnya karena sinyal itu tidak kita tanggapi. Maka kita mulai terbiasa dan kita lupa tentang kejadian tersebut.

Sayangnya hanya pikiran sadar kita yang lupa mengenai hal tersebut. Pikiran bawah sadar kita masih mengingat hal tersebut dengan sangat jelas. Luka lama yang kita tutupi dengan waktu masih menyakiti diri kita secara bawah sadar. Dan bisa saja luka lama ini secara bawah sadar membuat diri kita gemuk.

Dalam sebuah kasus ada wanita yang menjadi gemuk karena ia dulu pernah diperkosa oleh orang yang ia percayai. Alhasil pikiran bawah sadarnya memprogram dirinya menjadi gemuk sebagai perlindungan diri. Pikiran bawah sadarnya menggemukkan dirinya karena bila ia gemuk maka laki-laki tidak akan tertarik dengannya, maka dia akan aman dari pemerkosaan.

Tentunya tidak semua kasus seekstrem itu. Bisa saja orang itu menjadi gemuk karena pada saat ia masih kecil orang tuanya pernah mengatakan “iiih, gendut yah, imut banget!” lalu karena ia ingin mencari perhatian dari orang tuanya ia pun menjadi gemuk. Dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Mengetahui alasan anda menjadi gemuk adalah hal paling pertama yang akan membantu anda mencapai berat badan ideal anda. Kedua kasus yang disebutkan di atas adalah kasus nyata. Setelah mereka menemukan penyebab kelebihan berat badan mereka. Saat itu juga berat badan mereka terus berkurang menuju berat badan impian mereka.

bukan berarti semua penyebab kegemukan berasal dari pikiran atau masa lalu. Ada juga kegemukan karena pola makan yang kurang baik akibat kebiasaan yang tertanam. Selain itu mungkin saja seseorang kurang berolahraga. Atau juga orang itu memiliki metabolisme yang kurang baik. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana ada orang yang makannya banyak tapi gak gemuk-gemuk. Sedangkan, ada orang yang sudah menjaga takaran makanannya tetap saja berat badannya tidak berkurang malahan naik. Kita akan membahas hal ini di artikel selanjutnya (entah part berapa).

Sebagai penutupan saya ingin mengatakan, pikiran bawah sadar sangatlah kuat. dan apapun informasi yang masuk ke dalam pikiran bawah sadar, pada akhirnya akan menjadi kenyataan. Bila anda percaya bahwa anda gemuk maka anda akan menjadi gemuk. Bila anda percaya 100% anda akan mencapai berat badan ideal anda, maka otomatis pikiran bawah sadar akan membawa anda mencapai berat badan ideal tersebut.

Windalfin CH,
Consultant Hypnotist

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mencapai berat badan ideal 2 | Indomind Consulting - July 9, 2013

    […] mendapatkan berat badan ideal part 1 menjelaskan bahwa berat badan yang tidak ideal bisa disebabkan oleh banyak hal baik itu karena […]

Leave a Reply