Menghilangkan Fobia dalam Sekejab

9567942-mdBayangkan Anda berada di dalam rumah sendirian dan langit di luar sudah gelap. Sekeliling Anda sangat sunyi dan tiba-tiba ada bunyi pintu terbuka di belakang Anda. Saat Anda menengok, Anda tidak melihat ada siapa-siapa. Jantung Anda berdebar, otot manjadi tegang, nafas menjadi cepat. Apa ada pencuri atau itu hanya suara angin? Setelah tenang, Anda bisa mengevaluasi sekeliling dan menyimpulkan kalau itu hanya suara angin dan Anda kembali tenang. Sebenarnya apa yang membuat Anda merasa takut seketika? Dan kenapa saat Anda mengetahui itu hanya suara angin rasa takut Anda juga menghilang seperti ditiup angin?

Apa yang sebenarnya membuat orang takut? Kenapa kalau kita menonton film horror kita menjadi takut? Menurut ilmu kedokteran, rasa takut itu berasal dari otak, Dimulai dari Thalamus yang mengirim signal ke Amygdala yang lalu mengirimkan signal ke Hypothalamus untuk bereaksi seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika ketakutan adalah seperti yang sudah disebutkan di atas, tentunya setelah menelaah apa yang terjadi, tubuh kita langsung kembali tenang. Lalu bagaimana jika takut ini adalah takut yang berlebihan atau fobia? Bagaimanakah cara menghilangkan fobia dengan cepat?

Ada satu cara efektif yang saya suka ajarkan kepada banyak orang untuk menghilangkan fobia mereka. Cara ini bernama Theater of Disassociation atau teater diasosiasi. Hal ini mudah dilakukan untuk menghilangkan fobia dan tidak membutuhkan peralatan apapun.

Yang perlu dilakukan cukup mudah:

  1. Bayangkan objek ketakutan dan perhatikan perasaan Anda
  2. Berilah angka intensitas dari 1 sampai 10, di mana 10 adalah paling takut
  3. Bayangkan Anda sedang ada di bioskop dan menonton suatu film. Film yang ditayangkan adalah film tentang diri Anda dengan suatu kejadian di mana Anda menunjukkan takut yang berlebihan.
  4. Mulailah putar film tersebut dan bayangkan menggunakan warna dan suara persis seperti di bioskop
  5. Hilangkan suara dan putar ulang filmnya
  6. Hilangkan warna (menjadi hitam putih) dan putar ulang filmnya
  7. Putar filmnya mundur
  8. Putar mundur dua kali lipat lebih cepat. Tiga kali lipat
  9. Terakhir putar mundur sepuluh kali lipat (ulangi 10 kali)
  10. Perhatikan perasaan Anda dan rasakan perubahan angka intensitasnya

Menghilangkan fobia mudah kan?

Disclaimer: Hasil dapat berbeda-beda di setiap orang

No comments yet.

Leave a Reply