I Know All About Hypnosis: Kumpulan Mitos 1

Sebelum memberikan penjelasan tentang hipnosis, saya seringkali bertanya, “Apa yang Anda tahu mengenai hipnosis?” Lalu, tentu saja, dengan semua pengetahuan yang sudah mereka dapatkan dari acara TV dan Internet, banyak sekali jawaban yang berbeda. Nah, di sini saya akan sedikit banyak menjelaskan banyaknya mitos yang ada dalam hipnosis dengan membabarkan pandangan orang mengenai hipnosis/hipnotherapy. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hipnosis bisa dilihat di sini.

Seperti layaknya spons yang basah dan tak bisa menyerap air lagi, maka sebelum kita masuk ke bagian mitos-mitos hipnosis semua pikiran atau gambaran mengenai hipnosis yang sudah dilihat di televisi sebagai hiburan (reality show, film seri, dll) harus dihapus dari pikiran supaya “air” pengetahuan bisa masuk dan meresap dalam pikiran.

zzzMitos 1: Kalau dihipnotis, nanti jadi gak sadar

Kalau mendengar pernyataan ini, biasanya saya bertanya balik, “Apa kalau Anda tidur, Anda lebih mudah dihipnotis? Apa Anda bisa mendengar orang berbicara saat Anda tidur? Jadi, apa bisa hipnosis itu tidak sadar?” Setelah menanyakan beberapa pertanyaan itu, yang biasanya dijawab dengan “tidak”, saya lalu memberikan penjelasan sebagai berikut.

Dalam keadaan hipnosis, kita sebenarnya masih sadar. Kita bisa mendengar, melihat, dan merasakan semuanya, bahkan banyak yang bilang bahwa dalam hipnosis, indera Anda menjadi lebih tajam dari sebelumnya. Dari semua ini, bisa diambil kesimpulan bahwa dalam hipnosis sebenarnya kita lebih sadar dibanding saat kita dalam keadaan biasa.

Kenapa sih dikatakan kalau hipnosis itu indera bisa lebih tajam dari sebelumnya? Fenomena ini bisa muncul karena ada yang namanya pemusatan konsentrasi. Secara normal, pikiran seseorang bisa memproses 7 (+-2) proses secara sekaligus. Mungkin sekarang sambil melihat artikel ini [1] Anda juga membacanya dalam pikiran [2]. Bukan hanya itu, kemungkinan besar juga Anda bisa mendengar [3] suara-suara di sekeliling seperti bunyi AC atau mungkin lagu. Anda juga bisa merasakan mouse yang ada di tangan Anda [4] dan, setelah saya sebut, Anda juga jadi memperhatikan nafas anda [5] dan juga berpikir apakah ini mungkin[6]. Semua ini terjadi secara bersamaan dan mungkin juga karena terlalu koknsentrasi Anda melupakan bahwa mulut Anda sedikit kering atau lengket [7]. Semua proses tersebut terjadi secara bersamaan dan Anda bisa memprosesnya secara sadar atau pun tidak sadar. Saat hipnosis, Proses tersebut dikurangi menjadi pemfokusan pada satu atau beberapa proses saja. Salah satu contoh jenis pekerjaan yang sering bersentuhan dengan hipnosis adalah seorang atlit profesional.

Jika Anda pernah berkompetisi olahraga, tentunya Anda tahu dengan perasaan saat bertanding dengan keadaan fokus yang kuat. Saat kita dalam keadaan fokus ini, seringkali semua suara sekeliling meredup atau bahkan menghilang. Jika Anda bermain olahraga individu, Anda pasti mengerti bagaimana suara saran dari pelatih Anda tidak terdengar saat Anda berkonsentrasi, bagaimana suara sekeliling meredup begitu saja. Itu adalah hipnosis. Itu adalah contoh hipnosis dengan pemusatan konsentrasi dan dengan itu, Anda “tidak sadar” akan kondisi sekeliling Anda.

BrainMitos 2: Kalo ‘kena hipnotis’ itu nanti lupa ingatan

Lupa ingatan atau amnesia adalah fenomena yang menarik dan ada juga amnesia yang berhubungan dengan hipnosis. Mitos ini juga sering ditemui karena banyaknya acara TV yang memperlihatkan orang-orang yang terlihat seperti lupa ingatan saat dalam hipnosis. Dalam hipnosis ada yang disebut juga dengan post-hypnotic amnesia atau lupa ingatan setelah hipnosis. Hal ini tidak selalu terjadi, tapi hal ini sebenarnya sering terjadi, terutama kepada orang yang sering berpergian dengan cara menyetir.

Pernahkah Anda menyetir seperti menggunakan “autopilot” atau pilot otomatis? Anda menyetir di jalan, mungkin sedang mendengarkan musik, berpikir, atau mungkin bersama dengan berbincang dengan orang lain, dan tiba-tiba Anda melewati belokan untuk ke tujuan Anda. Atau bahkan, Anda sudah hampir sampai dan seperti baru “tersadar” bahwa Anda sudah hampir sampai. Ini juga merupakan fenomena hipnosis.

Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, dalam kondisi hipnosis, Anda terlalu fokus pada suatu ide sampai-sampai Anda melupakan gerakan-gerakan motorik yang digunakan untuk mengendalikan mobil. Saat Anda sampai ke suatu tempat dan Anda hanya mengingat sebagian kecil dari perjalanan Anda, itulah keadaan hipnosis. Tapi tentunya hal ini tidak selalu terjadi saat mengendarai mobil. Sering juga Anda mengingat perjalanan Anda secara total dari pergi sampai tujuan. Begitu pula dengan hipnosis. Saat dalam keadaan hipnosis terkadang Anda ingat, terkadang Anda lupa. Tapi yang perlu diingat adalah, tidak peduli Anda ingat atau lupa perjalanannya, tujuan saat hipnosis (terutama hipnoterapi) sudah tercapai.

Mitos 3: Hipnosis itu bentuk pengendalian pikiran

Ini juga merupakan mitos yang menarik untuk ditelusuri. Hal ini disebabkan sudah banyak sekali orang yang menganggap kalau mitos ini merupakan fakta yang sudah diterima oleh masyarakat luas. Hampir setiap kali saya berbicara tentang hipnosis pada suatu kelompok, mereka akan mengatakan kalau hipnosis itu adalah kontrol pikiran.

Sebelum kita memulai definisi tentang pengendalian pikiran, mari kita samakan definisi dari pengendalian pikiran. Definisi di sini merupakan definisi yang dipakai untuk kegunaan artikel ini dan untuk kemudahan bersama. Pengendalian pikiran adalah aksi mengendalikan perilaku seseorang yang berlawanan dengan kehendaknya ataupun dapat membahayakan dirinya.

Pada ekosistem Bumi, tidak banyak binatang atau bakteria yang dapat mengontrol pikiran atau perilaku makhluk lainnya. Biasanya pengendalian yang paling sering dijumpai adalah penyakit toxoplasma yang seringkali diderita tikus dan ditularkan melalui urin kucing. Jika satu tikus terjangkit oleh parasit  toxoplasma ini, maka tikus tersebut malah akan mendekati kucing, bukannya menjauhinya. Parasit ini mengendalikan pikiran para tikus (atau terkadang manusia) untuk mendekati kucing dan membahayakan keselamatan hidupnya sendiri.

Sebelum lebih lanjut membahas pengendalian pikiran, seperti yang sudah disebut pada artikel Pengenalan Hipnosis, pada pikiran bawah sadar terdapat  bagian penting yang bernama preservasi diri atau perlindungan diri. Sisi dari pikiran bawah sadar ini begitu kuat sampai-sampai tidak ada yang bisa dilakukan hipnosis untuk mengubah ini. Hipnosis tidak dapat digunakan untuk membuat Anda melompat dari gedung tinggi menuju ajal Anda. Hipnosis, terutama hipnoterapi, hanya digunakan dengan seizin klien.

Lalu, bagaimana dengan stage hypnosis atau hipnosis di panggung yang digunakan untuk pertunjukkan? Bukannya mereka ada di depan panggung untuk mempermalukan diri mereka sendiri? Untuk menjawab pertanyaan ini, coba pikirkan kapan terakhir kali Anda melihat pertunjukkan hipnosis panggung dan tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah sang hipnotis memilih subjeknya ataukah mereka meminta penonton untuk maju ke panggung? Tentunya seorang hipnotis profesional akan meminta penonton untuk berpartisipasi di atas panggung dan bukan dengan paksa memilih subjek. Dengan hal ini, sang hipnotis mendapatkan izin dari subjek untuk melakukan hampir apapun di depan panggung. Akan tetapi, dalam keadaan ini pun, bagian perlindungan diri yang terdapat dalam pikiran bawah sadar tidak akan menguzinkan sang hipnotis untuk membeberkan informasi atau melakukan hal-hal yang dapat membahayakan dirinya sendiri.

Hipnosis seringkali memang bukan apa yang banyak orang pikirkan. Jika masih ada pertanyaan, silahkan tanyakan di comment box di bawah ini.

Klik di sini untuk melihat mitos hipnosis bagian 2.

Disclaimer: Pernyataan di atas digunakan hanya sebagai referensi


William Tekimam
Consultant Hypnotist

, ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. I Know All About Hypnosis: Kumpulan Mitos 2 - March 26, 2014

    […] menjelaskan berbagai macam mitos hipnosis pada kumpulan mitos 1, masih banyak lagi pernyataan-pernyataan mengenai hipnosis yang seringkali salah dimengerti. […]

  2. Bagaimana memilih hipnoterapis | INDOMIND CONSULTING - June 5, 2014

    […] kami post di youtube, selain itu anda bisa membaca tentang mitos-mitos hipnoterapi di sini dan di […]

Leave a Reply