Tips Menjaga Kesehatan Otak

Otak kita adalah organ tubuh yang sangat penting, bahkan banyak produsen-produsen produk kesehatan di Indonesia memasarkan produk mereka dengan menyatakan bahwa produk mereka dapat mengembangkan otak anak-anak anda atau otak anda. Khususnya kini dengan semakin populernya ilmu pikiran, banyak orang yang mulai mencari cara untuk terus mengembangkan otak kita. Tak jarang kita melihat apps di Apple Store dan Android market yang bersifat brain games (mainan otak) yang diciptakan untuk melatih otak kita.

Begitu pentingnya otak kita sehingga kita perlu terus menjaga kesehatan otak dengan baik. Untuk menjaga kesehatan otak kita, kita tak harus selalu mengkonsumsi suplemen-suplemen yang dijual di pasaran. Kita bisa menjaga otak kita dengan hidup sehat. Akhir-akhir ini cukup banyak penelitian mengenai bagaimana menjaga kesehatan otak. Beberapa dari mereka akan saya bagikan di sini.

 

Nutrisi untuk otak

Ada pepatah yang mengatakan, kita adalah apa yang kita makan. Tentu maksud pepatah ini bukanlah kita akan menjadi ayam kalau makan daging ayam. Setiap makanan yang masuk ke dalam kita akan memberikan efek kepada tubuh kita dan apa yang terjadi kepada tubuh kita juga akan mempengaruhi pikiran kita begitu juga sebaliknya. Otak memerlukan nutrisi yang baik untuk dapat tetap sehat.

Secara sederhana setiap makanan yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Oleh karena itu maka kini kita punya alasan lebih untuk mengurangi makanan berlemak dan gula. Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan penyumbatan pembuluh darah menuju otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa makanan yang mengandung Omega 3 yang tinggi juga dapat membantu kesehatan otak, ikan seperti salmon dan tuna adalah ikan yang cukup terkenal memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi. Di program Weight Loss Indomind kami menyarankan klien kami untuk mengkonsumsi Flax Seeds sebagai pengganti ikan. Kami menemukan bahwa satu sendok makan Flax Seeds cukup untuk memenuhi kebutuhan Omega-3 sehari.

Makanan seperti sayuran yang berwarna gelap, kacang-kacangan (beans), dan buah-buahan juga mengandung juga dapat membantu menjaga kesehatan otak anda. Kami sangat menyarankan anda untuk mencari makanan yang memiliki rasio nutrisi terhadap kalori yang tinggi, anda tak hanya akan mencapai berat badan ideal tapi juga mendapatkan otak yang lebih sehat.

 

Permainan Otak Efektifkah?

Permainan otak atau brain games kini cukup populer di kalangan pemilik smartphones khususnya dengan semakin banyaknya penelitian tentang bagaimana permainan-permainan tersebut dapat meningkatkan kinerja otak kita. Sayangnya penelitian-penelitian yang ada sekarang ini kebanyakan berasal dari pembuat permainan tersebut dan penelitian yang mereka lakukan sangatlah terbatas kepada game yang mereka buat. John Medina penulis Brain Rules menyatakan bahwa permainan yang terbaik untuk anak-anak adalah crayon dan kertas putih, ia tak menyarankan orang-tua untuk memberikan Ipad dengan brain games kepada anak-anak mereka.

Dalam salah satu penelitian ditemukan bahwa orang-orang yang bermain brain games mengalami peningkatan dalam fungsi kognitif dan memory, akan tetapi hasilnya tidak berbeda signifikan dengan mereka yang melatih otak merekan dengan cara tradisional seperti nonton acara televisi yang mendidik (seperti Discovery Channel). Sampai sekarang kita masih belum dapat mengatakan apakah bermain permainan otak dapat membantu, namun tak ada kerugian dari bermain permainan otak tersebut.

Saya sendiri merasa daripada menghabiskan uang untuk bermain permainan otak yang biasanya mahal itu, akan lebih murah bila kita duduk bersama teman-teman kita dan bermain catur, Bridge atau Igo. Semua permainan tersebut telah terbukti meningkatkan fungsi otak dan tak kalah menyenangkan untuk dimainkan bersama teman-teman kita.

 

Hipnosis dan Meditasi bagi otak

Tentunya kurang afdol bila kita tak membicarakan tentang hipnoterapi, khususnya karena penulisnya seorang hypnotherapist. Hipnosis dan meditasi telah terbukti mampu mempengaruhi kinerja otak kita. Dalam keadaan hipnosis dan meditasi yang dalam dapat mempengaruhi peredaran darah di otak, mempengaruhi hubungan antar fungsi otak dan mengstimulasi bagian-bagian tertentu dalam otak kita.

Dengan meditasi dan hipnosis kita dapat mempengaruhi inflamasi otak kita, meski masih sedikit penelitian yang menyatakan bahwa inflamasi otak dapat menyebabkan dementia, namun terdapat bukti yang cukup untuk menyatakan bahwa brain inflammation dapat mempercepat pertumbuhan dementia, belum lagi inflamasi otak dikatakan dapat mengecilkan hippocampus yang merupakan pusat ingatan kita dan pengecilan bagian otak ini sering ditemukan pada mereka yang menderita Alzheimer.

Mungkin melakukan meditasi atau hipnosis adalah hal yang kelihatannya merepotkan dan susah, khususnya banyak orang-orang yang merasa sungguh sulit untuk duduk menutup matanya untuk waktu yang lama. Untungnya penelitian kini menemukan bahwa bahkan meditasi atau hipnosis singkat saja (klik sini untuk teknik meditasi 5 menit) sudah cukup untuk meningkatkan kerja otak kita. Untuk mempelajari lebih tentang meditasi anda bisa mencari artikel meditasi di website ini dan mengunjungi thread yang saya buat di kaskus dengan klik di sini

Anda tentu tidak harus datang ke hipnoterapis anda untuk mengikuti sesi relaksasi setiap hari. Anda cukup datang sekali untuk mempelajari bagaimana cara menghipnosis diri anda sendiri dan melakukannya setiap malam, maka anda sudah dapat menikmati keuntungan dari hipnosis. Cara lainnya adalah menggunakan guided relaxation dan mendengarkannya setiap hari di saat anda sedang santai. Tergantung dengan masing-masing individu, cara yang satu bisa lebih efektif dibandingkan yang lainnya.

 

Windalfin MBA, CH, CFP

Consultant

 

 

No comments yet.

Leave a Reply